tokofiberglass

Logo Biocomb 5000
Instalasi Pengolahan Air Limbah

Penerapan Instalasi Pengolahan Air Limbah

IPAL adalah singkatan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah, atau dikenal juga dengan istilah Water Waste Treatment plant (WWTP). Sistem IPAL ini digunakan untuk memisahkan limbah yang mengandung kimia dan zat biologis lainnya dari air, sehingga air tersebut aman dibuang bahkan dapat digunkan kembali.

Cakupan sitem IPAL ini sangat luas, baik dalam skala kecil maupun besar. Dalam skala kecil kita sering menemuinya hampir di setiap rumah. Septic tank merupakan salah satu jenis IPAL sederhana yang bisa kita temui. Fungsi utama dari septic tank itu sendiri ialah untuk menampung kotoran yang berasal dari toilet, lalu limbah tersebut diolah sehingga kualitas limbah buangan menjadi tidak beresiko mencemari lingkungan.

Dalam skala yang lebih besar Instalasi pengolahan Air Limbah ini mempunyai peran yang begitu penting. Bayangkan apabila dalam suatu kawasan tidak ada penampungan limbah dari setiap rumah. Maka dalam jangka panjang akan menimbulkan banyak masalah. Salah satu contoh yang bisa kita temui penerapan IPAL dalam skala besar yaitu IPAL komunal. Jenis Pengolah limbah yang digunakan secara bersama-sama dalam suatu kawasan pemukiman.


BACA JUGA : Water Treatment Plant Kawasan Industri


Pengertian Instalasi Pengolahan Air Limbah

IPAL dapat diartikan sebagai sebuah struktur yang dirancang untuk mengolah air limbah yang mengandung zat-zat berbahaya menjadi air yang aman dibuang dan dapat dimanfaatkan kembali. Instalasi ini baik digunakan untuk mengolah limbah industri, pertanian, peternakan. Lalu bagaimana penerapan Instalasi Pengolah Air limbah ini di berbagai sektor

Penerapan IPAL di Berbagai Sektor

Walaupun sistem IPAL ini berbeda penerapannya, tergantung dari kebutuhan dan jenis limbah. tetapi hal yang paling mendasar adalah sistem ini digunakan untuk mengurai kandungan berbahaya dari limbah itu, sehingga mengurangi terjadinya resiko pencemaran.

  1. IPAL Industri
    Aktifitas industri merupakan salah satu sektor yang berpotensi menghasilkan limbah yang besar. Jika tidak dikelola dengan baik maka resiko pencemaran lingkungan yang diakibatkan dari sektor ini sangat berbahaya. Karena limbah industri pada umumnya memilii kandungan kimiawi yang tinggi, sehingga penerapan Sistem WTP untuk sektor industri sangatlah penting.
  2. IPAL Pertanian dan Peternakan
    Di sektor pertanianpun sama halnya seperti sektor industri. Karena memiliki potensi llimbah yang cukup tinggi juga. Limbah pertanian biasanya berasal dari pestisida yang digunakan untuk membunuh hama. Begitu juga limbah peternakan berasal dari kotoran hewan ternak yang dipelihara.
  3. IPAL Kawasan Rumah Tingga
    Berdasarkan data yang ada, penyubang limbah terbesar berasal dari limbah rumah tangga atau limbah domestik. Limbah ini berasal dari toilet atau wastafel. Maka penerapan Instalasi Pengolahan air limbah di kawasan tempat tinggal sangat penting.

Pentingnya IPAL dan Edukasi Kebersihan Lingkungan

Air merupakan salah satu element yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Saking penting nya air bagi kehidupan, para ilmuwan NASA yang meriset kemungkinan hidup di Mars, salah satu aspek penting yang mereka teliti adalah ketersedian air. Maka untuk menjamin kehidupan umat manusia ketersediaan air merupakan suatu keharusan.

Untuk menjaga cadangan air bersih, maka harus ada suatu Istalasi Pengolahan Air limbah terpadu. Mengingat cadangan air bersih dunia setiap tahunnya terus mengalami penurunan, belum lagi dampak dari pemanasan global yang mengakibatkan bumi menjadi lebih panas.

Cara kerja Inatalasi Pengolahan Air Limbah sendiri terdiri dari beberapa tahapan. Secara umum Pengolah limbah ini memiliki sistem penampungan awal, pengendapan, lalu sistem penjernihan.

Water Waste Treatment Plant

Apa yang terjadi jika Limbah tidak Diolah

Di setiap aktifitas kehidupan manusia, lilmbah merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Seperti yang kita ketahui setiap hari manusia akan menghasilkan kotoran.

dalam aktifitas industri pun demikian, bahkan limbah yang dihasilkan lebih kompleks dan lebih berbahaya. Limbah kimiawi dari pabrik textile kerap kita temui mencemari sungai yang mengakibatkan perubahan warna dari air sungai itu, bahkan air sungai menjadi berbau.

Lalu apa yang akan terjadi jika masalah ini terus dibiarkan bahkan tidak adanya keikutsertaan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

  • Dampak Kesehatan
    Apabila hal ini terus dibiarkan, maka akan beresiko memunculkan berbagai macam penyakit. Dari air yang tercemar itu dapat mengakibatkan penyakit kulit, dan juga penyakit pencernaan.
  • Dampak Lingkungan
    Limbah kimia yang berasal dari deterjen akan berpengaruh terhadap tingkat keaasaman tanah. Hal ini juga merupakan ancaman bagi kehidupan tumbuhan maupun hewan di kawasan tersebut.
  • Dampak Estetika
    Limbah yang tidak dikelola dengan baik, selain mengancam keberlangsungan hidup ekosistem yang ada, juga akan membuat lingkungan menjadi tidak indah. Terlebih lagi pencemaran udara akibat bau yang ditimbulkan dari limbah itu.

BACA JUGA : IPAL  dan Jenisnya


Pembangunan Water Waste Treatment Plant

IPAL memurapakan fasilitas yang digunakan untuk mengolah limbah. Maka sebelum menerapkan sistem ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang paling utama adalah jenis limbahnya, karena ini akan berpengarus terhadap sisten Instalasi Pengolahan Air limbah yang akan diterapkan. Begitu juga jumlah pemakainya, untuk penerapan di IPAL komunal, jumlah pengguna sangat menentukan besaran tangki penampungannya. Konsultasikan kebutuhan IPAL anda kepada tim kami. IPAL Biocomb 5000 adalah solusi untuk berbagai masalah limbah.

Konsultasi Gratis, Hubungi kami untuk mendapat penawaran spesial.

harga septictank

Summary
Penerapan Instalasi Pengolahan Air Limbah
Article Name
Penerapan Instalasi Pengolahan Air Limbah
Description
IPAL adalah singkatan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah, atau dikenal juga dengan istilah Water Waste Treatment plant (WWTP).
Feel free to share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.