tokofiberglass

Logo Biocomb 5000
IPAL

IPAL Instalasi Pengolahan Air Limbah dan Jenisnya

Limbah merupakan salah satu masalah lingkungan yang saat ini menjadi isu global. IPAL merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah limbah dari berbagai aktifitas manusia. Untuk terus menjaga keberlangsungan hidup manusia, maka pengolahan limbah yang berkelanjutan sangat penting.

Pengertian IPAL

IPAL adalah sebuah struktur yang diprogram untuk membuang kandungan limbah biologis dan kimia dari air, sehingga air tersebut dimungkinkan untuk digunakan kembali pada aktivitas lainnya. Limbah tersebut bisa berasal dari akrifitas industri, pabrik, bahkan pertanian ataupun limbah yang paling banyak saat ini adalah limbah rumah tangga.

Jika tidak dikelola dengan baik maka limbah yang berasal dari berbagai aktifitas tersebut akan membahayakan bagi lingkungan, dan dalam jangka panjang tentu akan mengancam keberlangsungan hidup manusia. Sistem pengolahan limbah tersebut bertujuan untuk mengurai limbah cair dari berbagai kandungan zat berbahaya. Untuk itu penting bagi kita semua untuk mengetahui kebermanfaatan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah.


BACA JUGA : Menggunakan IPAL Sederhana di Rumah


Kegunaan IPAL

Banyak sekali kegunaan dari Instalasi pengolahan air limbah ini. Baik bagi mahluk hidup terutama manusia ataupun lingkungan.

  • Mengelola dan mengolah limbah cair, terutama limbah dari industri yang memililki kandungan kimia. Agar limbah dapat dibuang tanpa beresiko mencemari lingkungan.
  • Mengolah limbah cair dari toilet sehingga air bisa kembali dimanfaatkan untuk aktifitas lainnya.
  • Menjaga kehidupan lain yang ada dilingkungan sekitar kita seperti tanaman, hewan bahkan binatang yang hidup di air.

Jenis Instalasi Pengolahan Air Limbah

Kebutuhan IPAL di setiap lingkungan tentu berbeda-beda. Tergantung dari aktifitas utama dalam wilayah tersebut. Misalnya pengolah limbah untuk rumah akan berbeda dengan sistem pengolah limbah cair untuk pabrik. Maka dari itu saat ini ada beberapa jenis sistem IPAL.

  1. Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal
    Secara singkat jenis pengolah limbah ini adalah sistem pengolahan yang dirancang untuk dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu kawasan. Instalasi pengolah limbah ini lebih kompleks dari jenis lainnya.
  2. Instalasi Pengolahan Air limbah Individu
    Mungkin saat ini istilah ipal mandiri tidak begitu populer. Sistem pengolahan limbah cair ini diperuntukan bagi perorangan atau per rumah tinggal. Sistem ini jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan IPAL komunal. Begitupun harga yang ditawarkan jauh dibawah dari jenis Instalasi Pengolah limbah cair yang lebih besar.

Kegunaan IPAL

Bagaimana Sistem IPAL yang baik

Untuk itu penting untuk diketahui masyarakat seperti apa sih Instalasi Pengolahan Air Limbah komunal yang berkualitas, dan bagaimana cara kerjanya. Sebelum memiliki Instalasi limbah ini ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal berikut :

  • Biaya Pembuatan
    Biaya yang harus dianggarkan sangat beragam, tergantung dari jenis aktifitas yang ada di kawasan tersebut. Semakin rumit sistem instalasinya maka kebutuhan biayanya pun akan semakin besar. IPAL untuk industri rumah sakit biasanya membutuhkan biaya berisar di atas 500 juta.
  • Ketersediaan Lahan
    Selain aspek diatas, ketersediaan akan lahan penyimpanan juga perlu diperhatikan. IPAL komunal biasanya dibangun di luar area pemukiman. Sehingga tidak akan mengganggu aktifitas lain yang ada di kawasan tersebut.
  • Cara Kerja Instalasi Limbah
    Karena ini adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa proses pengolahan, maka harus ada yang mengerti mengenai cara mengoperasikannya. Sehingga Sistem pengurai limbah ioni dapat beroperasi dengan maksimal.
  • Perawatan
    Selain harus memiliki sistem yang mudah digunakan, agar sistem ini bisa digunakan dalam jangka waktu lama maka harus dilakukan perawatan. Periksa secara berkala komponen-komponen penting dan lakukan penggantian apabila dibutuhkan.
  • Hasil Pengolahan Limbah
    Karena ini merupakan bagian yang paling penting dan juga merupakan fungsi utama dari IPAL itu sendiri. Maka hasil limbah olahan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Adapun acuan hukum untuk standar baku mutu di kawasan industri adalah Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 03 Tahun 2010 tentang Baku Mutu Air Limbah untuk Kawasan Industri. Peraturan tersebut sekaligus memperbarui Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kepmen LHK) No KEP-51-MENLH-10/1995 yang hanya fokus pada aturan baku mutu air limbah industri, tidak termasuk area sekitar.


BACA JUGA : IPAL Komunal Solusi Sanitasi


Pentingnya Instalasi Pengolah Limbah untuk lingkungan

Seperti yang kita ketahui bahwa, masalah limbah merupakan masalah yang harus kita selesaikan secara bersama-sama. Karena setiap orang memiliki potensi untuk menghasilkan limbah dari berbagai kegiatannya. Baik itu aktifitas yang ada di rumah ataupun di suatu kawasan industri. Maka IPAL adalah sebuah solusi yang kami tawarkan, agar kita bisa secara bersama-sama saling menjaga lingkungan. Dengan cara mengolah limbah cair untuk menjaga keberlangsungkan hidup.

Konsultasi Gratis, Hubungi kami untuk mendapat penawaran spesial.

harga septictank

 

Summary
IPAL Instalasi Pengolahan Air Limbah dan Jenisnya
Article Name
IPAL Instalasi Pengolahan Air Limbah dan Jenisnya
Description
IPAL merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah limbah dari berbagai aktifitas manusia. Maka sangat penting untuk mengolah limbah.
Feel free to share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.